Lembaga Pendidikan dan Konsep Luhur Pendidikan
Kata Kunci:
Lembaga Pendidikan, akreditasi, revolusi mental, merdeka belajar, Educational Institutions, accreditation, mental revolution, independent learningAbstrak
Artikel ini membahas kinerja lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi swasta yang masih mengutamakan sistem akreditasi sebagai sarana untuk menarik minat peserta didik; peran, fungsi, dan efektifitas badan akreditasi nasional dalam memantau perguruan tinggi; serta mentalitas para pelaku pendidikan dalam perguruan tinggi yang akan mempengaruhi kualitas keilmuan kepada peserta didik. Salah satu indikator kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari perkembangan pendidikannya, yang dinilai dari kualitas sistem pendidikan, kemudahan memperoleh pendidikan, dan tersedianya lembaga pendidikan yang berkualitas. Kualitas lembaga pendidikan yang dimaksud bukanlah sekedar dilihat dari status akreditasinya semata, namun dilihat dari tersedianya para pendidik profesional yang berkontribusi pada bidang keilmuan untuk negara bahkan dunia. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan observasi. Hasil kajian menunjukan Pendidikan di Indonesia, yang semakin berkembang diikuti dengan pendirian perguruan tinggi swasta harus diimbangi dengan kualitas para pendidik yang mumpuni.